JENIS
JENIS PEKERJAAN KANTOR
1.
Mengumpulkan/menghimpun, yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya
segala keterangan yang tadinya belum ada
atau berserakan di mana-mana, menjadi siap dipergunakan bila mana diperlukan.
2.
Mencatat, yaitu kegiatan membubuhkan dengan berbagai macam peralatan sesuai
dengan perkembangan teknologi
modern dan kebutuhan keterangan yang diperlukan, sehingga wujudnya langsung
siap pakai.
3.
Mengolah, yaitu macam-macam kegiatan mengerjakan keterangan dengan maksud
menyajikan dalam bentuk yang lebih berguna.
4.
Menggandakan, yaitu kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat, sebanyak jumlah yang diperlukan.
5. MengirimYaitu,
kegiatan menyampaikan informasi dengan berbagai cara dan alat dari pihak lain. Contohnya
: mengirim surat keluar melalui pos, mendistribusikan informasi
6.
Menyimpan, yaitu kegiatan menaruh atau melekatkan dengan berbagai cara dan alat
tempat tertentu sehingga sistematis dan aman.
7.
Melakukan komunikasi ,yaitu kegiatan melakukan pengiriman ide atau gagasan
kepada pihak lain baik langsung ataupun menggunakan media dan mendapat respon
dari penerima pesanan.
8. Menghitung, yaitu kegiatan
melakukan penetapan data yang berkaitan dengan angka. Contohnya : menghitung
hasil penjualan
9.Pengelompokan
Pekerjaan Kantor Di atas,
merupakan tugas-tugas rutin dan berkesinambungan serta dilakukan dengan
berbagai cara sesuai dengan kebutuhan, antara lain berupa pekerjaan
tulis-menulis, mengetik, menghitung, membuat jadwal, grafik, dan chard.
Berdasarkan hasil penilitian George R. Terry
persentase pekerjaan- pekerjaan kantor untuk menunjang tugas utama perusahaan
adalah sebagai berikut
1.
Typing(mengetik) :
24,6%
2. Calculating (menghitung) : 19,5%
3. Checking (memeriksa) : 12,3%
4. Filling(menyimpan) : 10,2%
5. Telephoning(menelepon) : 8,8%
6. Duplicating(menggandakan) : 6,4%
7.
Mailing(persuratan) :
5,5%
8. Other (lain-lain)
: 12,7%
Total
: 100%
D.Ciri-Ciri
Pekerjaan Kantor
1.
Bersifat pelayanan
Karena pekerjaan kantor berfungsi
membantu pekerjaan lain (pekerjaan utama/pokok) agar pekerjaan tugas pokok
tersebut dapat berjalan secara efektif dan efesien .
2.
Terbuka dan luas
Pekerjaan kantor dapat dilakukan di mana
saja dalam suatu organisasi, tidak terbatas dikantor saja tetapi dapat pula
dilakukan di luar kantor sekali pun.
3.
Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi
Pekerjaan kantor
dapat dilakukan oleh siapa saja,mulai dari pimpinan yang paling tinggi, sampai
karyawan yang paling bawah sekalipun.
artikel yang sangat menarik contoh surat lamaran kerja 2015 contoh surat lamaran kerja umum contoh surat lamaran kerja terbarucontoh surat lamaran kerja gurucontoh surat lamaran kerja doc
ReplyDelete