Skip to main content

BENTUK BENTUK ORGANISASI



C. BENTUK BENTUK ORGANISASI
Berdasarkan  pola  hubungan  kerja  serta  alur  wewenang  dan  tanggung
jawabnya dapat dibedakan menjadi 3 macam organisasi :

     1.    Organisasi Garis/Lini
adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya.

Kelebihan dari struktur organisasi ini adalah:
1) Orang-orang yang mempunyai kekuasaan bertanggung-jawab dan terbuka.
2) Proses pengambilan keputusan berjalan dengan tepat.
3) Disiplin kerja yang mudah dikontrol
4) tingginya solidaritas diantara anggota
5) adanya kesempatan yang luas bagi para anggota untu dapat mengembangkan bakatnya.

Kekurangan dari struktur organisasi ini adalah:
1) Tujuan organisasi sama, atau tujuan dari pihak-pihak tertentu saja.
2) Pimpinan organisasi terkadang berbuat semaunya.
3) kelangsungan hidup organisasi sangat ditentukan oleh seseorang.
4) Kurang didalam pengembangan aktifitas pada setiap anggota.

2.    Organisasi Garis dan Staf
Dalam bentuk organisasi lini dan staff, pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya dari pucuk pimpinan ke kepala bagian di bawahnya. Pada bentuk organisasi ini, terdapat satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya berfungsi sebagai penasihat.

Ciri-ciri dari sistem organisasi garis dan staff adalah sebagai berikut:
1. Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung
2. jumlah karyawan banyak
3. organisasi besar
4. ada dua kelompok kerja yaitu personel lini dan personel staf

Kelebihan dari bentuk organisasi garis dan staf adalah:
1. Pembagian tugas yang jelas
2. Kerjasama dan koordinasi jelas
3. Pengembangan bakat anggota organisasi terjamin
4. Sifatnya fleksibel untuk diterapkan
Kekurangan dari bentuk organisasi garis dan staf adalah:
1. Tugas pokok sering dinomorduakan
2. Proses pembuatan keputusan berliku-liku
3. bisa menimbulkan nepotisme jika pertimbangan tidak terkontrol
4. bisa menimbulkan persaingan tak sehat antar pejabat

3.    Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk organisasi fungsional adalah dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan ke kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
 Ciri dari bentuk organisasi ini adalah
1. Organisasi kecil
2. Adanya kelompok kerja staf ahli
3. Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
4. Target organisasi jelas dan pasti
5. Pengawasan ketat
Kelebihan dari bentuk organisasi ini adalah sebagai berikut:
1. Program terarah, jelas dan cepat
2. Anggaran, personalia dan sarana tepat dan sesuai
3. Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat
Kekurangan dari bentuk organisasi ini  adalah sebagai berikut:
1. pejabat fungsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi
2. koordinasi sulit dilaksanakan
3. inspeksi sulit dilaksanakan

Comments

Popular posts from this blog

Arsip dan Kearsipan

  Pengertian Arsip dan Kearsipan A.       Pengertian Arsip Secara etimologi (asal usul kata) kata arsip berasal dari : 1.       Bahasa Yunani, yaitu archium artinya peti untuk menyimpan sesuatu 2.       Bahasa Latin, yaitu felum (bundel) yang artinya tali atau benang 3.       Bahasa inggris, yaitu archieve, artinya kumpulan warkat; “record” artinya catatan; dan “file” artinya sekumpulan informasi atau warkat 4.       Bahasa Belanda,yaitu archief artinya warkat 5.       Bahasa Jerman,yaitu archivalen artinya warkat Pengertian arsip dari berbagai sumber : 1.   Menurut Ensiklopedi Administrasi, arsip adalah: a) Segenap warkat dari suatu organisasi kenegaraan atau badan swasta yang diadakan dalam penyelenggaraan kegiatan. Kegiatan organisasi tersebut dan       yang dipandang berharga unt...

PERALATAN ARSIP

Peralatan kearsipan   Alat atau sarana yang digunakan dalam bidang kersipan.peralatan pada umumnya tahan lamakarena dibuat dengan bahan-bahan yang kuat seperti logam,kayu,alumunium,besi,plastic,dan sebagainya. Fungsi peralatan kearsipan,yaitu:     a. sebagai saran penyimpanan arsip     b. sebagai alat bantu untuk mempercepat,meringankan,dan mempermudah pekerjaan di bidang kearsipan.     c. sebagai alat pelindung arsip dari bahaya kerusakan sehingga arsip tahan lama. Tiga istilah penting yang berkaitan dengan penyimpanan arsip,yaitu:     a.  Pengarsipan Horizontalpenyimpanan arsip secara mendatar dimana arsip saling bertumpuk     b. Pengarsipan Vertical:penyimpanan arsip secara tegak lurus dimana arsip disusun berderet kebelakang     c. pengarsipan lateral:penyimpanan yang dilakukan secara berdiri dimana arsip disusun berderet menyamping. Macam-macam perala...

Pengertian Surat , Jenis jenis dan Fungsi surat

    A. Surat Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada    pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan, alat bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga. B.       FUNGSI SURAT 1.        Sebagai sarana komunikasi. 2.        Sebagai alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah pikiran atau gagasan. 3.        Sebagai alat bukti tertulis. 4.        Sebagai alat untuk mengingat. 5.        Sebagai bukti historis. ...