Skip to main content

Pengertian kantor , fungsi dan tujuan kantor



Pengertian Kantor

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),kantor adalah balai (gedung,rumah,ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan (perusahaan); tempat bekerja. Pengertian lain mengenai kantor yaitu, kantor adalah sebuah unit organisasi yang terdiri dari tempat,personil dan operasi ketatausahaan untuk membantu pimpinan organisasi.

Tujuan Kantor
Tujuan Kantor adalah memberikan sebuah sistem pelayanan berupa komunikasi dan perekaman/pemyimpanan.
Fungsi Kantor
Kantor mempunyai beberapa fungsi di antaranya, yaitu menerima informasi,merekam informasi,mengatur informasi,memberi informasi dan melindungi aset/harta.

1. Menerima Informasi

salah satu fungsi kantor yang pertama adalah untuk menerima segala macam bentuk  nformasi,seperti surat,panggilan telepon,pesanan,faktur,dan juga semua laporan tentang segala macam kegiatan bisnis.

2. Merekam Informasi

fungsi kantor yang kedua yaitu untuk merekam/menyimpan informasi agar informasi tersebut dapat sesegera mungkin disiapkan apabila pihak manajemen memintanya. Rekaman atua record semua informasi harus disimpan untuk kepentingan hukum atau sebagai sebuah alat bukti.

3. Mengatur Informasi

Kantor berfungsi untuk mengatur segala macam bentuk dari sebuah informasi dengan cara yang sistematis agar informasi tersebut dapat dimanfaatkan/digunakan  oleh pihak yang membutuhkan secara maksimal. Sebagai Contoh, laporan dari sebuah kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan cara menyajikan informasi dengan jelas dan dapat dibaca dengan baik. Laporan tersebut dibuat oleh pihak yang menggunakan informasi atau data yang sudah diatur secara sistematis didalam kantor.


4. Memberi Informasi

Kantor berfungsi untuk memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan. Apabula pihak manajemen meminta informasi,kantor memberikan informasi yang dibutuhkan berdasarkan data yang telah diterima,dihimpun,diatur dan disimpan.


5. Melindungi Aset/Harta

Disamping yang fungsi yang lainnya, Kantor juga memiliki fungsi untuk melindungi aset atau harta. Segala macam bentuk informasi/data yang diterima oleh kantor adalah sebuah aset atau harta dari kantor tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Arsip dan Kearsipan

  Pengertian Arsip dan Kearsipan A.       Pengertian Arsip Secara etimologi (asal usul kata) kata arsip berasal dari : 1.       Bahasa Yunani, yaitu archium artinya peti untuk menyimpan sesuatu 2.       Bahasa Latin, yaitu felum (bundel) yang artinya tali atau benang 3.       Bahasa inggris, yaitu archieve, artinya kumpulan warkat; “record” artinya catatan; dan “file” artinya sekumpulan informasi atau warkat 4.       Bahasa Belanda,yaitu archief artinya warkat 5.       Bahasa Jerman,yaitu archivalen artinya warkat Pengertian arsip dari berbagai sumber : 1.   Menurut Ensiklopedi Administrasi, arsip adalah: a) Segenap warkat dari suatu organisasi kenegaraan atau badan swasta yang diadakan dalam penyelenggaraan kegiatan. Kegiatan organisasi tersebut dan       yang dipandang berharga unt...

PERALATAN ARSIP

Peralatan kearsipan   Alat atau sarana yang digunakan dalam bidang kersipan.peralatan pada umumnya tahan lamakarena dibuat dengan bahan-bahan yang kuat seperti logam,kayu,alumunium,besi,plastic,dan sebagainya. Fungsi peralatan kearsipan,yaitu:     a. sebagai saran penyimpanan arsip     b. sebagai alat bantu untuk mempercepat,meringankan,dan mempermudah pekerjaan di bidang kearsipan.     c. sebagai alat pelindung arsip dari bahaya kerusakan sehingga arsip tahan lama. Tiga istilah penting yang berkaitan dengan penyimpanan arsip,yaitu:     a.  Pengarsipan Horizontalpenyimpanan arsip secara mendatar dimana arsip saling bertumpuk     b. Pengarsipan Vertical:penyimpanan arsip secara tegak lurus dimana arsip disusun berderet kebelakang     c. pengarsipan lateral:penyimpanan yang dilakukan secara berdiri dimana arsip disusun berderet menyamping. Macam-macam perala...

Pengertian Surat , Jenis jenis dan Fungsi surat

    A. Surat Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada    pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan, alat bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga. B.       FUNGSI SURAT 1.        Sebagai sarana komunikasi. 2.        Sebagai alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah pikiran atau gagasan. 3.        Sebagai alat bukti tertulis. 4.        Sebagai alat untuk mengingat. 5.        Sebagai bukti historis. ...